Selasa, 09 September 2014

Berakhir Dengan Kebiasaan



Pernah diceritakan dalam sebuah hadits:

بينما رجلٌ يحجُّ مع النبي صلى الله عليه وسلم فوكزته الناقة فمات فقال النبيّ صلى الله عليه وسلم: ( كفنوه بثوبيه فإنه يبعث يوم القيامة ملبّياً )

“Tatkala ada seseorang yang menunaikan haji bersama Nabi صلى اللّه عليه وسلم, orang itu terjatuh dari seekor unta yang ditungganginya, lalu ia pun meninggal. Maka, Nabi صلى اللّه عليه وسلم bersabda kepada para sahabat :
“Kafanilah orang ini dengan menggunakan kedua bajunya (maksudnya 2 kain ihromnya), karena sesungguhnya ia akan dibangkitkan (oleh Allah) pada hari Kiamat dalam keadaan bertalbiyah.” (HR. Bukhari & Muslim).
Al-Hafidz Ibnu Katsir رحمه الله mengatakan:
“Sungguh Allah سبحانه وتعالى telah memberlakukan hukum kebiasaan dengan kemuliaan-Nya bahwa barangsiapa hidup di atas suatu kebiasaan, niscaya ia akan mati di atas kebiasaan tersebut. Dan barangsiapa yang mati dalam suatu keadaan, maka ia akan dibangkitkan Allah pada hari Kiamat di atas keadaan tersebut.”

Maka, barangsiapa terbiasa melaksanakan ketaatan kepada Allah di dalam hidupnya di dunia, niscaya Allah akan mewafatkannya dalam keadaan berbuat taat.

[Ust. Andik Subagio Lc]
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Follow by Email

Popular Posts