Minggu, 17 Juli 2016

Tips Tidak Tidur Sehabis Subuh


Jalan - jalan pagi

Apa khabar sobat?  Semoga sehat selalu.. Sekarang masih nuansa lebaran, kemarin kita telah bersama-sama merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, saya mengucapkan taqobbalallohu mina wa mingkum, takabbal ya Kariim... mohon maaf lahir dan batin, mohon dimaafkan jika ada salah dan khilaf ya sobat.

Selepas lebaran dan puasa ramadhan sebulan penuh, alangkah baiknya kita meneruskan amal-amal yang baik selama ramadhan kemarin. Nah, jika kita waktu puasa kemarin masih ada yang tidur selepas sahur atau sholat subuh, saya disini ingin berbagi tips bagaimana caranya agar kita mampu melawan kantuk sehabis subuh.

O iya, tidur selepas subuh itu sebenarnya kebiasaan yang kurang baik lho, salah seorang guru saya berkata, kemampuan otak kita akan susah dioptimalkan jika kita membiasakan diri tidur selepas subuh. Namun sebaliknya jika kita mampu menjaga tidak tidur selepas subuh, bahkan memafaatkannya untuk mengasah kemampuan otak kita, justru kemampuan otak kita akan semakin meningkat.

Makanya banyak orang yang menghafal Al-Quran selepas subuh, karena otak masih fresh, segar dan belum banyak beban fikiran yang menganggu.

Apalagi kalau berbicara rizki, berpagi-pagi untuk mencari rizki itu sangat dianjurkan, bahkan konon katanya Nabi Muhammad pernah berdoa untuk umat Islam, barang siapa yang berpagi-pagi mencari rizki maka Allah akan berkahi aktivitasnya. "Ya Allah berkahilah umatku dipagi harinya," kurang lebih begitu doa beliau.

Kalau orang-orang tua suku Jawa, kayak mbah saya sering ngomong, jika bangunnya siang-siang nanti rizkinya dipatuk manuk (burung)..hehe. Orang Jawa mengajarkan anak-anaknya selalu berpagi-pagi bangun dan mencari rizki.


O iya, tips ini bukan bermaksud mengurangi standar kebutuhan tidur kita lho.. Untuk menjaga kesehatan, kita perlu cukup istirahat dan tidur, menurut penelitian, standar tidur yang cukup itu antara 4 - 8 jam. So kalau dimalam hari tidur kita sudah cukup, mungkin sudah 6 atau 7 jam waktu tidur kita, itu sebenernya sudah cukup, jangan ditambah lagi dengan tidur selepas subuh, kita akan rugi, rugi waktu dan rugi kesempatan, apalagi kalau rizki kita dipatuk setan...eh burung..hehe

Oke, terlalu panjang pengantarnya ya..hehe. Langsung aja deh begini nih tips dari saya bagaimana agar kita tidak tidur lagi selepas subuh.

Pertama, kita harus punya niat dan keinginan dulu untuk tidak tidur selepas subuh. Kalau kitanya sendiri memang pengennya tidur selepas subuh, apalagi malah menguatkan kebiasaan ini, ya tentu mustahil dong tips ini dijalankan,..hehe. Memang banyak sih orang yang punya kesibukan di malam hari yang menyebabkan dia pasti tidur selepas subuh, seperti para satpam malam, orang yang ronda malam, pekerja lembur (kayak saya kalau lagi lembur..hehe). Nah orang-orang yang terkendala hal seperti ini memang wajar kalau tidur lagi selepas subuh, karena kebutuhan istirahatkan memang juga harus terpenuhi.

Kedua, siapkan alarem biar kita bisa bangun subuh. Iya dunk, masak mau gak tidur lagi selepas subuh tapi pas subuhnya gak bangun, malah bangun kesiangan, gak nyambung donk..hehe. Jadi penting mengihidupkan alarem agar kita tidak bangun kesiangan. Kalau tidak ada alarem kita bisa minta kawan kita untuk membangunkan kita.. Hidupin tuh hape dengan nada dering keras - keras, sebelum tidur SMS kawan, "bro, tolong telpon bangunin gua ya nanti pas subuh, gua ingin bangun subuh"..cie hehe.

Yang ketiga, kalau sudah kebangun langsung ke kamar mandi dan cuci muka, bila perlu mandi sekalian, kalau mau sholat subuh tentu ambil air wudhu duluan. Nah, siap-siap deh pergi ke masjid, sholat subuh dimasjid itu pahalaya gede banget lho,,disaksiin para malaikat.. sholat dua rokaat sebelum subuh aja pahalanya lebih besar dari langit dan bumi..wow kan? Nah, waktu jalan ke masjid itu, tubuh kita jadi gerak-gerak, rasa kantukpun bisa hilang.

Yang keempat, habis sholat subuh jangan balik lagi ke tempat tidur..hemm. ini yang penting. Cari aktivitas lain yang bisa menghilangkan rasa kantuk. Kalau saya sih salah satunya langsung bikin teh anget atau kopi. Bau wangi kopinya langsung menyengat hidung dan menggugah selera..hehe.
Lalu kerjakan aktivitas lain yang bermanfaat, misalnya dengan membaca Alqur'an, baca buku, terus olah raga, jala-jalan pagi, atau masak di dapur, bagi yang masih ngontrak, atau para mahasiswa yang masih sendiri masak sendiri akan lebih hemat..hehe. Apalgi bagi yang hobi masak pasti asik deh aktivitas ini.

Kelima, lakukan kebiasaan tersebut secara rutin. Mungkin bagi kita yang belum terbiasa, dihari-hari pertama akan sangat berat melakukanya, kelopak mata rasanya lebih berat dari sekuntum bunga..hehe, gak nyambung ya. Nah, jangan menyerah jika dihari pertama dan kedua masih terlelap juga, esok harus lebih keras lagi berusaha. Kebiasaan ini harus rutin dan jadi habit, usahakan minimal berjalan tidak kurang dari dua pekan rutin berjalan. Kalau menurut peilitian orang konseling membentuk habit itu akan melekat setelah dilakukan secara rutin minim selama 8 pekan. Tapi kalau saya sih kalau mau bikin habit baru biasanya hanya butuh waktu 2 pekan, mungkin tergantung orangnya juga kali ya.

O iya, perlu diperhatikan juga pilihan aktivitas selepas subuh. Kalau misalnya kita baru mulai di awal-awal, sebaiknya pilih aktivitas yang melibatkan fisik lebih besar, jangan aktivitas yang melibatkan otak terlalu dominan. Misalnya kita pilih aktivitas olah raga dulu selama seminggu pertama, bukan akivitas membaca buku, karena kalau baca buku dijamin bakal tidur lagi, apalagi baca bukunya diatas tempat tidur. Aktivitas fisik menyebabkan detak jantung bekerja lebih giat yang menyebabkan aliran darah mengalir lebih kuat, ini akan memicu mengalirkan bayak darah yang mengandung oksigen ke otak dan menghilangkan rasa kantuk.  Jika kita memilih baca buku, aktivitas otak kita yang belum terbiasa akan menjadi lelah, apalagi asupan oksigen dan glukosa kurang ke otak, maka ini malah akan menjadikan kita mengantuk lagi.


Nah yang terakhir, jangan balik lagi ke kebiasaan awal yang tidur habis subuh..hehe. Tapi kalau kita saat-saat tertentu kerja lembur dimalam hari, tidur selepas subuh sekali waktu bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan istirahat kita. Semoga bermanfaat.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Follow by Email

Popular Posts