Selasa, 30 Agustus 2016

Blogger Bengkulu Punya Segudang Potensi Keren


Foto Bersama : Sebagian anggota Blogger Bengkulu (BoBe) foto bersama saat Kopdar di salah satu rumah anggota pada Minggu (28/8/2016) lalu.

Tak dinyana, Bengkulu sebuah kota kecil di hadapan Samudera Hindia yang kini mulai berbenah dan terus membangun ternyata memiliki segudang potensi yang tak terduga. Salah satunya adalah potensi  komunitas-komunitas yang ada, berbagai komunitas banyak hidup di Bengkulu. Dari komunitas seni, komunitas sepeda, komunitas sepatu roda, komunitas penulis, dan komunitas-komunitas lain yang keren.

Bahkan komunitas yang baru-baru ini dibentuk merupakan komunitas yang masih bisa dikatakan asing di Bengkulu, yakni Komunitas Blogger Bengkulu. Komunitas ini menyebut dirinya dengan sebutan BoBe (Blogger Bengkulu). BoBe merupakan kumpulan pegiat penulis website online dan pengguna blog se-Bengkulu.

Pasca kumpul bareng dalam acara Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN ( Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) pada momen ramadhan 1436 H lalu, para pegiat blog ini berkumpul dan mendeklarasikan komunitas Blogger Bengkulu (BoBe). Selanjutnya komunitas ini saling berkomunikasi melalui grup facebook yang setiap hari selalu update informasi dan diskusi atau sharing berkenaan pengelolaan blog.


Terungkap saat Kopi Darat (Kopdar) perdana BoBe di rumah salah satu anggota BoBe ternyata komunitas ini punya segudang potensi yang akan banyak memberi manfaat, baik bagi para anggota maupun Proinsi Bengkulu secara umum. Mengapa demikian?

Setidaknya ada tiga hal utama yang akan menjawab pertanyaan itu.
Pertama, Anggota BoBe merupakan orang-orang yang tinggal di Bengkulu dan memiliki bakat menulis dan pada umumnya mereka masih muda-muda. Bakat dan hobi masing-masing anggota BoBe merupakan aset yang sangat berharga. Berbagai bakat kepenulisan dari beragam sudut pandang bisa membawa manfaat bagi pembaca dan akan mengangkat citra Bengkulu.

Kedua, satu sama lain antar anggota saling memberi saran dan masukan antar satu sama lain, bahkan nampak sekali BoBe sedang membangun hubungan persahabatan yang semakin erat, tampak hubungan diantara anggota seperti sebuah keluarga yang saling melengkapi dan menguatkan. Hubungan ini akan membuat komunitas ini menjadi solid.

Disamping itu sesama anggota saling  berbagi cara mengoprasikan blog, mengoptimalkan  kapasitas blog, memainkan berbagai fitur website serta cara-cara bermain di media sosial, bahkan anggota yang dianggap paling menguasai dunia blog membagikan ilmunya kepada anggota yang lain mulai dari dasar-dasar blogging sampai pada tatacara memperoleh uang dari ngeblog.

Ketiga, komunitas ini selalu mengupdate tulisanya melalui blog dan beragam media sosial mereka, setiap update akan menambah kekayaan intelektual dan data di google sekaligus mengangkat Bengkulu di jagat google dan media sosial. Apalagi saat ini dunia digital semakin menjadi-jadi. Ada diantara mereka yang mengelola web yang berisi konten untuk anak-anak seperti akutau.com, ada yang mengelola web berbasis informasi atau berita seperti sepenggal.ifo , ada juga yang banyak menulis tips dan review berbagai produk dan jasa seperti mildaini.com, juga ada yang menulis flashfiction dan puisi seperti katapura.com, dan ada juga yang mengulas traveling seperti livingindaream.com . Dan masih banyak lagi blog-blog anggota BoBe yang lain yang akan diungkapkan di sesi yang lain.

Keempat, dari komunitas ini masih banyak kemungkinan berkembang menjadi beragam usaha dan karya-karya, mulai dari bertambahnya web developer, desain grafis, jasa bisnis online, sampai pada kemungkinan menjamurnya penulis-penulis dan praktisi media online di Bengkulu.

Semoga kekayaan potensi BoBe ini mampu terkelola dengan baik, terus tumbuh dan berkembang sehingga anak-anak muda dan masyarakat Bengkulu benar-benar mendapatkan manfaat dari keberadaanya.
Salam BoBe

banner
Previous Post
Next Post

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Mantap..hehe
      Terimaksih kas Mukhsin sudah mampir :)

      Hapus
  2. wahh ada juga grup Blogger Bengkulu ya, selamat yaa, asiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, alhamdulillah sudah pada kumpul kami. Hehehe

      Hapus
  3. pengen gabung, nambah-nambah ilmu dan teman..hehehehhehehehe

    BalasHapus

Follow by Email

Popular Posts