Jumat, 16 Desember 2016

Mendamba Nikmat yang Tak Tergambarkan



Sobat, hidup di dunia ini dilengkapi dengan berbagai kesenangan, kesenangan yang kita ingini dari perasaan dan hati kita. Kita  lihat di sekitar kita, apa saja yang membuat kita senang? Apa yang membuat kita tersenyum dan tertatawa riang? 

Seorang wanita mampu membuat kita tersenyum bahagia. Menyukai dan mengingini seorang wanita untuk melengkapi kebahagiaan hidup di dunia merupakan hal yang sangat manusiawi dan merupakan bagian dari kesenangan yang ada di dunia.

Merasa gembira dan bahagia tatkala melihat anak-anak kita tumbuh dan ceria merupakan bagian dari kesenagan hidup pula di dunia. Anak-anak yang menggemaskan, anak-anak yang lucu, anak-anak yang riang, anak-anak yang patuh, anak-anak yang membanggakan, semua itu mampu membuat kita senang dan bahagia.

Harta kekayaan dan berbagai jenisnya, perhiasan emas dan perak, rumah mewah juga bagian dari sesuatu yang menyenangkan. Kendaraan bagus, kuda-kuda yang mengagumkan, binatang-binatang ternak serta sawah ladang, itu juga merupakan kesenangan yang tidak bisa terbantahkan.

Jika kita memiliki semua itu, sungguh merasa senanglah diri kita. Istri cantik yang sholehah, anak yang patuh lagi taat, kekayaan yang cukup, kendaraan yang memadai, binatang ternak yang menghibur hati, dan sawah ladang tempat berlibur dan menambah pundi rizki, sungguh akan membuat kita merasa bahagia dan nyaman hidup di dunia ini.

Demikianlah dijelaskan dalam 3:14.  Itulah kesenangan hidup didunia, namun ternyata kesenangan di akhirat jauh teramat indah dan mempesona.

Jika kita di dunia tak bisa menikmati semua kesenangan hidup di dunia, maka janganlah berputus asa, masih ada kesenangan di akhirat yang jauh lebih indah dan mempesona.

Surga penuh kedamaian, mengalir dibawahnya sungai-sungai yang menawan dan mengandung berbagai kenikmatan. Air susu harum dan manis tak tertiru. Madu dan khamr ternikmat tersedia selalu, serta segala kesegaran yang tak pernah tergambarkan di dunia ini ada disitu. 

Wanita cantik suci bermata jeli, yang kecantikannya menawan hati, tak tertandingi oleh wanita tercantik di dunia ini. Senyum manisnya mampu membuat detak jantung jadi berhenti, dan sapanya membuat berdegub lagi kencang sekali, keberadaanya memenuhi segenap sukma dan relung hati. 

Bidadari-bidadari yang sopan menunddukkan pandangan, seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. Binar pandangnya membuat segalanya takjub seolah anginpun berhenti bertiup, waktu nampak berhenti tak lagi berlanjut. (55: 57,59)

Itulah kesenangan di akhirat yang Allah janjikan bagi orang - orang yang bertakwa, segala kenikmatan tersedia di sana, yang tak pernah terbayangkan dan tergambarkan oleh siapapun saja. Mungkin kita akan terpana dan heran seketika, saat semua kenikmatan itu dihadapkan kepada kita, bibir tak terasa berkata 'milik siapakah ini kiranya? alangkah indahnya.."

Semua itu bagi hamba-hamba-Nya, yaitu orang-orang yang berdoa, "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka," (3:16)

Dan orang-orang yang sabar dalam menghadapi segala cobaan, orang-orang yang sabar dalam ketaatan, orang-orang yang sabar dalam menjauhi dosa dan kemaksiyatan.

Orang-orang yang benar imannya, iman yang teguh suci hanya karena Allah SWT, yang tak hanya diucap dalam lisannnya, namun terhunjam dalam sanubari terdalamnya, dan bertahta dalam setiap amal perbuatannya.

Orang-orang yang tetap taat meski segala halangan datang merekat, yang tak tergoyahkan meski badai menerpa kuat, yang tak terpalingkan oleh godaan nafsu dan maksiyat. 

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, untuk meninggikan kalimat ilallah. Dan orang-orang yang memohon ampun diwaktu sahur saat rang-orang asik mendengkur. Yang menjadikan ibadah adalah nikmat berlibur membawa diri dalam tafakkur. (3:16,17)

Demikianlah pemilik kesenangan dan kenikmatan kehidupan akhirat sana, yang lebih baik dari segenap kesenangan didunia yang fana.

Mari sobat kita lantunkan untaian doa pengharapan, agar mampu berpadu dalam ketaatan dan mampu menggapai segenap kenikmatan, dengan ikhlas dan penuh keridhoan, kita berharap mendapat kesempurnaan nikmat di akhirat yang tak tergambarkan.

Itulah damba kita, mendamba nikmat yang tak tergambarkan.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Follow by Email

Popular Posts