Senin, 12 Desember 2016

Mengetahui Rip Current di Pantai Panjang Bengkulu [1]

Berdiri membelakangi Rip Current di Pantai Panjang

Rip Current, tentu sebagian kita masih asing dengan istilah ini, istilah ini banyak diketahui oleh para pecinta pantai, atau para pelajar yang mempelajari masalah pantai. Ripp current merupakan salah satu hantu laut yang sering memakan korban bagi siapa yang tidak mampu mengatasi jebakannya. :)

Rip current adalah gelombang pecah yang terjadi di pantai akibat dari tekanan dua arus gelombang laut yang bergerak dari tengah laut  menuju pantai saling bertemu di kedua sisinya (setelah membentuk arus susur pantai) dan saling menekan. Akibat tekanan dua arus gelombang yang bergerak ke pantai ini terbentuklah celah diantara keduanya berupa arus balik dari pantai menuju tengah laut yang sangat kuat.

Seperti diketahui, gelombang laut yang melanda pantai berlangsung secara terus menerus dengan daya tekan yang bervariasi. Saat arus gelombang laut ini sampai dibibir pantai, maka arus ini menumbuk pantai dan memantul kembali mengarah ke tengah laut dari tempat datangnya, namun saat tekanan balik ini bergerak, arus  gelombang dari tengah datang kembali sehinga terjadi tekanan dari tengah lagi, tekanan yang datang dari tengah laut membuat arus balik tadi bergerak menuju daerah yang tekanannya lebih rendah.

Nah pergerakan menuju daerah yang lebih rendah tekananya ini biasanya menyebabkan gerakan arus susur pantai, yakni gerakan arus gelombang laut yang menyusuri tepi pantai. Gerakan arus susur pantai ini memiliki daya tekanan yang cukup kuat disebabkan oleh gelombang dari tengah laut yang terus - menerus melanda. Pertemuan dua arus susur pantai yang bergerak berlawanan umenyebabkkan tekanan dan membetuk celah arus yang bergerak kembali ke tengah laut. Celah inilah yang disebut Rip Current.

Ilustrasi pergerakan Rip Current (sumber : www.weather.gov)

Perbedaan relief dan topografi pantai turut berpengaruh juga terhadap terbentuknya rip current. Juga berpengaruh pada arah arus balik yang ditimbulkan. Arah arus rip current tidak selalu tegak lurus terhadap garis pantai menuju ke tengah laut, adakalanya arus rip current ini menyerong atau bahkan agak sejajar dengan garis pantai. Hal ini disebabkan oleh tekanan gelombang yang datang dari tengah dan kondisi topografis serti relief pantainya.

Di Bengkulu, saya mencoba berburu lokasi rip current di sekitar Pantai Panjang Bengkulu. Dan ini adalah pertemuan pertama saya di Pantai Panjang.

Lokasinya tidak jauh dari Plang Tulisan PANTAI PANJANG, sekitar 50 meter ke arah utara. Ditempat tersebut bisa kita temukan ripp current dengan jelas. Tampak ada celah diantara dua gelombang yang bergerak ke pantai.

Jika kita menghadap ke laut tampak di sebelah kiri ada pergerakan arus laut, jika kita taruh sebuah barang yang mengapung akan tampak benda ini terbawa arus susur pantai kemudian bergerak ke tengah laut, dan selanjutnya akan terbawa lagi arus ke tepi pantai. Kebetulan pada waktu itu saya melihat sebuah benda mengapung yang terbawa arus  ini, sehingga dengan jelas terlihat pergerakan arus rip current ini.

Jika kita hendak berenang di sekitar sini maka perlu berhati-hati dan waspada terhadap ripp current ini. Arusnya cukup kuat, dan jika kita tidak mengetahui cara mengatasi jebakan rip current, ini bisa membahayakan keselamatan kita. Jadi perlu hati-hati ya.

Ini adalah penemuan pertama. Insya Allah kita akan lanjutkan pada update tulisan yang selanjutnya. Tulisan ini merupakan bagian dari agenda #NulisSerempak bersama kawan-kawan Blogger Bengkulu (BoBe) bulan Desember ini, menulis tentang pantai Bengkulu.

Semoga bermanfaat.
banner
Previous Post
Next Post

7 komentar:

  1. Oh..itu ya penyebab banyak yang tenggelam di laut,

    BalasHapus
  2. Iya, salah satu penyebabnya itu. Maka musti hati2.

    BalasHapus
  3. Mantap.... coba berburu ke arah Pantai Nala dan berkas... masih ada lagi

    BalasHapus
  4. Hmm....baru tahu itu namanya rip current mas

    BalasHapus
  5. Wah baru tau nih istilahnya rip current, makasih om Ben :)

    BalasHapus

Follow by Email

Popular Posts