Sabtu, 31 Desember 2016

Resolusi Tahun Baru, Jangan Lupakan Hal Penting Ini

(sumber gambar : idbbmandroid.com)

Hai sobat yang berbahagia, menyapa momentum tahun baru kebanyakan dari kita telah menulis resolusi tahunan yang menjadi target capaian pada tahun 2017 nanti, apakah begitu juga halnya dengan kamu?

Nah, mungkin sebagian kita telah menulis resolusi itu, tapi ada juga yang belum menuliskannya, baik menuliskannya di dalam hati atau menuliskanya dicatatan tersendiri.

Sebelum mencanangkan sebuah resolusi yang akan kita lakukan pada tahun 2017 nanti, dan apa saja target capaian yang ingin kita dapatkan, alangkah baiknya kita memperhatikan hal apa saja yang sudah kita capai pada tahun 2016.

Kita kudu mengevaluasi capaian kita pada tahun lalu dan mengevaluasi perubahan apa yang telah terjadi pada diri kita. Terutama yang pertama harus dievaluasi adalah perubahan pada sikap, perilaku dan karakter kita, selanjutnya baru kita evaluasi pada aspek-aspek lain.

Baca juga : Tips Cara Ngilangin Bete Buat Elu
 
Aspek perubahan sikap, perilaku dan karekter kita sangat penting untuk dievaluasi. Dari tahun ke tahun apakah perilaku kita semakin menjadi lebih baik atau semakin bertambah buruk, atau bahkan berubah dari baik malah menjadi buruk. Kebiasaan kita semakin baik atau semakin buruk. Semakin bertambah takwa atau malah sebaliknya.

Bicara kita apakah semakin sopan atau semakin kasar menyakitkan teman, sikap kita sudah membuat nyaman orang-orang atau telah menciptakan musuh yang tak kelihatan.. hehe, maksudnya ada gak orang-orang disekitar kita yang malah membenci kita gara-gara sikap kita, tanpa kita ketahui.

Bagi yang muslim, apakah sholat kita semakin sempurna atau masih saja bolong-bolong, sholat berjamaah dimasjidnya dari yang 5 waktu itu sudah meningkat atau belum, atau bahkan sholat jamaahnya baru saat sholat jum'at aja? aduh duh duh.. :)

Terus lagi puasanya gimana, tahun lalu puasa ramadhan ada yang bolong gak..? Jangan-jangan tahun lalu ada yang sembunyi-sembunyi nyicip takjil terus ditelen..haha gubrak!

Nah, aspek ketakwaan perlu kita evaluasi juga ya.

Aspek yang lain lagi misalnya tentang kapasitas keilmuan kita, apakah selama satu tahun terakhir ilmu kita bertambah atau kita merasakan stagnan saja tak ada yang signifikan bertambah, berapa jumlah buku yang telah selesai kita baca, skill yang kita miliki bertambah juga atau tidak.

Baru kemudian bolehlah kita hitung dan evaluasi capaian materi kita, sudah punya ini - itu belum. Investasi masa depan yang kita punya sudah berapa, laptop, handphone, motor, mobil, tabungan, rumah, penghasilan dan sebagainya.

Kenapa evaluasi tentang perilaku-karakter dan kapasitas ilmu-skill menjadi sangat penting dan perlu diutamakan? Karena sesungguhnya investasi terbesar kita adalah pada dua hal ini. Perilaku-karakter dan ilmu-skill merupakan kepemilikan yang paling penting untuk sukses dimasa datang.

Kebiasan dan budaya kita akan turut menentukan bagaimana kita kelak dimasa datang. Kalau kita lihat kebiasaan orang-orang hebat, tokoh-tokoh besar yang kita baca biografinya, pasti mereka adalah orang-orang dengan kebiasaan unggul. Karakter sikap dan tindakan mereka menjadikan mereka menjadi orang-orang pilihan .

Nah oleh karena itu mari kita mulai dari persiapan resolusi kita pada tahun 2017 yang akan datang itu dengan persiapan niat untuk memperbaiki sikap dan perilaku kita menjadi lebih baik. Agar kita termasuk orang-orang pilihan.

Terkahir, saat kita menuliskan resolusi yang ingin kita capai pada masa datang tentunya jangan pernah kita lupakan untuk menuliskan niat kuat kita untuk bertambah menjadi lebih bertakwa, semakin menjadi orang yang taat kepada Allah SWT.

Mungkin kita perlu berjanji, kalau bagi yang cewek misalnya, apakah senyummu akan bertambah manis dengan mengenakan jilbab syar'i mulai tahun 2017 ini? Atau misal bagi yang cowok, apakah sholat subuhmu akan senantiasa berjamaah di masjid dan tak akan kesiangan lagi? hehehe.
Baca juga : Tips Tidak Tidur Sehabis Subuh

Nah, aspek ibadah dan ketaatan seperti itu harus kita tingkatkan, juga kita tambah dengan berbagai kebaikan lain misal bacaan quran, infak, shodakoh, membantu orang lain, berdkawah dan kebaikan-kebaikan yang lainnya.

Karena sesungguhnya itulah sebaik-baik bekal bagi kita untuk masa yang akan datang, masa dimana kita akan menghadap Allah SWT yang telah memberikan waktu dan tahun-tahun yang terus kita nikmati dari hari-kehari.
Wallohua'lam.

Semoga bermanfaat.
banner
Previous Post
Next Post

2 komentar:

  1. Aku juga sudah nulis resolusi untuk 2017 biar lebih semangat, Mas Ben. Nggak banyak-banyak, sekedar beberapa poin saja. Tapi yg jelas sudah menyangkut poin agama, produktivitas diri plus kesehatan. Itu aja dulu. Semoga yang lain mengiringi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau dijalankan secara istikomah mantap tuh resolusinya, saya sudah baca di blog. Lanjutkeun :)

      Hapus

Follow by Email

Popular Posts