Kamis, 28 Desember 2017

Kahfi Jum'atmu Penuh Pelajaran




Surat Al-Kahfi dan Dajjal

Tentu tak asing bagi kita kaum muslimin untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, minimal pada 10 ayat pertama. Karena hal ini merupakan bagian dari sunnah yang diperintahkan oleh Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa menghafal sepuluh ayat di awal surah Al Kahfi, maka ia akan terjaga dari fitnah Dajjal." Menurut suatu riwayat, "Sepuluh ayat di akhir surah Al Kahfi." (H.R. Muslim)

Sebelum kita berjumpa pada hari Jumat esok di hari-hari terakhir tahun 2017 masehi ini, mari kita tilik sejenak pelajaran dari Surat Al-Kahfi sebagai persiapan kita tadabur pada hari Jumat saat membacanya.

Kita mendengar banyak ulama dan ustadz-ustadz berceramah bahwa kita telah semakin mendekati akhir zaman. Pada akhir zaman kita akan menghadapi fitnah yang amat besar yakni fitnah Dajjal. Untuk berlindung dari fitnah Dajjal ini kita disunnahkan untuk membaca Surat Al-Kahfi.

Mengakhiri satu tahun perjalanan hidup kita di tahun 2017 dan memasuki tahun baru 2018 artinya kita akan semakin dekat dengan akhir zaman itu. Apa kaitannya fitnah akhir zaman yang akan kita hadapi dengan Surat Al-Kahfi?

Ada baiknya kita coba merenungi dan mentadaburinya.

Secara sederhana jika kita baca terjemahan Surat Al-Kahfi dari awal hingga akhir, maka kita akan menemukan 3 kisah unik penuh pelajaran di dalamnya. Kisah itu tentu sengaja diketengahkan kepada umat islam untuk diambil pelajaran dan 'ibrahnya. Juga peringatan hadits Nabi yang menganjurkan membaca surat itu tentu ada hikmah dan pelajarannya pula.

Lanjutan
 


banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Follow by Email

Popular Posts